Selasa, 26 Oktober 2010

STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS

STRATEGI PEMBELAJARAN MENULIS

a. Strategi Proses Menulis Terbimbing atau Guiding Writing Process (GWP)

- Strategi pemb menulis pd tahap pertama dilakukan dg menggunakan strategi ini.

- Untuk mengajar siswa melakukan keg menulis dg mencontoh model karangan yg telah dibacanya.

TAHAP KEGIATAN :

1. Guru menjelaskan tujuan pemb & cara melakukan keg bel yg harus ditempuh siswa.

2. Siswa membaca teks & mempeljarinya ditinjau dari judul, hub ide2 pokok, dan pola pengembangan paragrafnya. Sebelum menulis cerita siswa lebih dulu membaca cerita untuk memperoleh gambaran bagian- bagian cerita, isi bagian yg satu & yg lain, unsur2 pembentuk cerita, dn hub unsur yg satu & yg lain, unsur2 pembentuk cerita, dan hub unsur yg satu dg yg lain.

3. Berdasarkan pemahaman contoh atau model yg dibaca, siswa melakukan keg

- Pra penulisan, yaitu menentukan topik & menyusun kerangka karangan

- Penulisan draft

- Melakukan perbaikan

- Mengedit

- Mempublikasikan

b. Strategi Menulis Secara Langsung/ Direct Writing Activity (DWA)

Pada tingkatan sederhana strategi pemb melalui keg menulis scr langsung tsb dilakukan saat siswa menulis pada buku harian.

Pd tingkatan yg lebih rumit dilakukan saat siswa menulis karya tulis ilmiah.

TAHAP KEGIATAN :

1. Siswa diminta menentuka topik kar melalui keg tukar pendapat dg teman/ kel diskusi. Guru membantu membangkitkan gambaran berkaitan dg topik yg akan digarap.

2. Guru membantu siswa menggambarkan kerangka kar, misalnya melalui webbing, mendaftar ide2 pokok yg relevan dsb.

3. Siswa memanfaatkan sumber informasi yg bisa diperoleh & menysun draf karya tulis.

4. Siswa saling menukarkan & mempelajari draf kar & saling memberi bahan masukan.

5. Guru memperhatikan draf kar & mempelajari kemungkinan terdapatnya kesalahan umum.

0 komentar:

Posting Komentar