Selasa, 26 Oktober 2010

catatan

Tes menyimak

Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan menyimak:

- Berupa perintah atau petunjuk yang menghendaki perbuatan sebagai jawabnya.

- Pertanyaan atau pernyataan yang diikuti dengan butir soal pilihan ganda.

- Dialog atau percakapan dengan diikuti soal pilihan ganda.

- Ceramah dengan diskusi soal pilihan ganda.

- Dikte.

Tes berbicara

Melibatkan aspek kebahasaan (pelafalan, kosa kata, dan struktur) dan aspek non kebahasaan (siapa lawan bicaranya, bagaimana situasinya, latar belakangnya, peristiwanya, serta tujuannya).

Ragam tes kemampuan berbicara:

1. Tes kemampuan berbicara berdasarkan gambar.

2. Wawancara.

3. Bercerita.

4. Diskusi.

5. Ujian terstrukur.

1. Tes kemampuan berbicara berdasarkan gambar

(untuk testi tingkat pemula yang masih berusia kanak- kanak)

Disajikan rangsangan yang berupa perangkat gambar yang merupakan satu rangkaian cerita dan testi diminta untuk menjawab pertanyaan sehubungan dengan rangkaian gambar atau menceritakan rangkaian gambar.

Contoh: (disajikan gambar yang berisi pemburu dan kera di hutan)

Perintah

- Menjawab pertanyaan: mengapa pemburu memanjat dengan ketakutan?

- Tugas untuk menceritakan isi gambar: ceritakan kembali rangkaian cerita yang terdapat dalam gambar- gambar tersebut.

2. Wawancara

Mengukur kemampuan testi menggunakan bahasa dalam komunikasi.

3. Bercerita

Meminta testi untuk mengungkapkan sesuatu (pengalamannya atau topic tertentu)

Sasarannya: penggunaan bahasa dan cara bercerita, hal yang diceritakan, ketepatan, kelancaran, kejelasan.

4. Diskusi

Disajikan suatu topic dan testi diminta untuk mendiskusikannya.

Untuk mengetahu kemampuan testi menyampaikan pendapat, mempertahankan pendapat, menanggapi ide.

Aspek- aspek yang dinilai: ketepatan penggunaan struktur bahasa, kosa kata, kefasihan dan kelancaran meyampaikan gagasan dan mempertahankannya, kekritisan menanggapi pikiran yang disampaikan oleh peserta diskusi.

5. Ujaran terstruktur

- Mengatakan kembali.

- Membaca kutipan

- Mengubah kalimat

- Membuat kalimat

Penilaian kemampuan berbicara

Aspectual 1. Individual 2. Kelompok

Aspek- aspek kebahasaan: teknik ucapan, nada, dan irama

Aspek non kebahasaan= kelancaran, pengungkapan materi wicara, keberanian, keramahan, ketertiban semangat, sikap perhatian

Komprehensif (secara menyeluruh) 1. Individual 2. Kelompok

Didasarkan pada mudah tidaknya dipahami isi pembicaraan, menarik tidaknya pembicaraan, lancar tidaknya pembicaraan.

Tes membaca

Macam- macam tes kemampuan membaca

- Tes cloze

- Menceritakan kembali

- Tes meringkas

- Tes subjektif

- Tes objektif

Bahan tes ketrampilan membaca: tingkat kesulitan bacaan/ panjang pendek bacaan, isi bacaan dan bentuk/ model wacana.

Taksonomi dalam tes membaca:

T. Bloom 1-6th

T. Barret 1-5th

Tes menulis

Melibatkan aspek penggunaan tanda baca dan ejaan, penggunaan diksi dam kosa kata, penataan kalimat, pengembangan paragraph, pengolahan gagasan, pengembangan model karangan.

Aspek bahasa dan isi

Bentuk tes untuk mengukur kemampuan menulis

1. Subjektif dengan berbagai variasinya

- T.menulis dengan tugas bebas

- T.menulis dengan tugas terbimbing

- T.menulis dengan experience task

2. Objektif dengan berbagai variasinya

Ragam- ragamnya

1. Tes menulis berdasarkan rangsangan visual (gbr/ film)

2. Tes menulis berdasarkan rangsangan suara: ceramah, diskusi/ Tanya jawab, rekaman/ langsung

3. Tes menulis berdasarkan rangsangan buku (teks bacaan)

4. Tes menulis laporan

5. Tes menulis surat

6. Tes menulis berdasarkan tema tertentu

7. Tes menulis karangan bebas

Teknik penilaian

TES

Lebih sesuai untuk indicator kognitif

1. Tertulis

- objektif= pilihan ganda, menjodohkan, Benar- Salah, isian

- subjektif= uraian terbuka, uraian tertutup

2. Lisan

- objektif= kuis

- subjektif= pemahaman

Lebih sesuai untuk indikaror psikomotorik

3. Perbuatan= produk, kinerja

NON TES

Lebih sesuai untuk indicator afektif

1. Pengamatan

2. Daftar periksa

3. Skala sikap

4. Angket

Dipakai untuk mengamati perkembangan kemampuan kognitif dan psikomotorik

5. Porto folio

0 komentar:

Posting Komentar