PENDEKATAN DALAM PKN
1. evokasi (kebebasan & kesempatan)
2. Inkulkasi (menanamkan)
3. kesadaran
4. penalaran moral
5. analisi nilai
6. pengungkapan nilai
7. komitmen
8. memadukan
1. evokasi = inisiatif siswa utk mengekspresikan scr spontan
* didasarkan : kebebasan & kesempatan, terbuka, bersahabat, kondusif utk mengungkapkan pemikiran (perasaan siswa)
* kendalanya : cultural, psikologikal
* perlu : dorongan, stimulus
* peran : guru, orang tua, masyarakat dalam menanamkan moral
* nilai, norma, dikelas ≠ d masy
konflik = intra personal conflik, inter personal conflik
2. inkulkasi = menanamkan nilai moral (diberi pertanyaan yg mengarah ke moral siswa)
* dikembangkan pertanyaan nilai utk: memepengaruhi, mengarahkan pd kesimpulan nilai
* nilai yg ditanamkan d manipulasi ke dlm pertanyaan
3. kesadaran = bagaimana mengungkap & membina kesadaran nilai siswa. Kesadaran siswa ttg nilai yg d yakini akan terungkap. Bahkan siswa bisa mengungkap nilai org lain
4. moral
* anak dihadapkan pd dilema moral
* ambil keputusan berdasarkan alasan moral yg logis
* media stimulus : pertanyaan, pernyataan, cerita, gbr atau hal- hal yg dilematis
* focus pendekatan : nalar / logika & perasaan / nurani
5. analisi nilai
* analisis = tahapan ingatan / kognitif
* siswa mengkaji media / stimulus
* analisis : dimulai sekedar melaporkan, sampai memilih dan mengemukakan hasil kajiannya.
* pendekatan analisi erat dg penalaran
6. pengungkapan nilai
* upaya kesadaran diri dan memperhatikan diri sendiri
* faktor kunci pertimbangan yg di senangi atau tidak
* siswa di bina kesadaran emosional tentang nilai moral dg cara kritis dan rasional, utk menguji kebaikan, kebenaran, dan ketepatannya.
7. komitmen (kesepakatan)
* komitmen nilai yg mendasari guru dlm KBM (pola piker guru)
* nilai moral pancasila & UUD 45 mjd komitmen bangsa indonesia utk dilestarikan, di transformasikan pd generasi muda
* tujuan : melatih pola piker dan tindakan siswa pd komitmen bangsa
8. memadukan
* memadukan pengetahuan dan pengalaman riil siswa
* KBM = proses penyatuan pengetahuan dg pengalaman langsung melalui metode partisipasi, simulasi, sosio drama, studi proyek/ lapangan
* dlm KBM dikemukakan contoh perilaku, membantu siswa menirukan
* nilai dlm keluarga: kasih sayang, saling menghormati, kebersihan / keindahan, kepatuhan.
* Nilai lingkungan siswa : saling menyayangi, tolong- menolong, adil, disiplin, mematuhi aturan, jujur, sportif
* guru : perilakunya mjd acuan siswa, digugu dan ditiru, lebih percaya dr pd org tua.
2 komentar:
contohnya bagaimana pak ?
referensinya mana ya pak ?
Posting Komentar