Rabu, 06 Januari 2010

PENDEKATAN DALAM PKN


PENDEKATAN DALAM PKN

1. evokasi (kebebasan & kesempatan)

2. Inkulkasi (menanamkan)

3. kesadaran

4. penalaran moral

5. analisi nilai

6. pengungkapan nilai

7. komitmen

8. memadukan

1. evokasi = inisiatif siswa utk mengekspresikan scr spontan

* didasarkan : kebebasan & kesempatan, terbuka, bersahabat, kondusif utk mengungkapkan pemikiran (perasaan siswa)

* kendalanya : cultural, psikologikal

* perlu : dorongan, stimulus

* peran : guru, orang tua, masyarakat dalam menanamkan moral

* nilai, norma, dikelas ≠ d masy

konflik = intra personal conflik, inter personal conflik

2. inkulkasi = menanamkan nilai moral (diberi pertanyaan yg mengarah ke moral siswa)

* dikembangkan pertanyaan nilai utk: memepengaruhi, mengarahkan pd kesimpulan nilai

* nilai yg ditanamkan d manipulasi ke dlm pertanyaan

3. kesadaran = bagaimana mengungkap & membina kesadaran nilai siswa. Kesadaran siswa ttg nilai yg d yakini akan terungkap. Bahkan siswa bisa mengungkap nilai org lain

4. moral

* anak dihadapkan pd dilema moral

* ambil keputusan berdasarkan alasan moral yg logis

* media stimulus : pertanyaan, pernyataan, cerita, gbr atau hal- hal yg dilematis

* focus pendekatan : nalar / logika & perasaan / nurani

5. analisi nilai

* analisis = tahapan ingatan / kognitif

* siswa mengkaji media / stimulus

* analisis : dimulai sekedar melaporkan, sampai memilih dan mengemukakan hasil kajiannya.

* pendekatan analisi erat dg penalaran

6. pengungkapan nilai

* upaya kesadaran diri dan memperhatikan diri sendiri

* faktor kunci pertimbangan yg di senangi atau tidak

* siswa di bina kesadaran emosional tentang nilai moral dg cara kritis dan rasional, utk menguji kebaikan, kebenaran, dan ketepatannya.

7. komitmen (kesepakatan)

* komitmen nilai yg mendasari guru dlm KBM (pola piker guru)

* nilai moral pancasila & UUD 45 mjd komitmen bangsa indonesia utk dilestarikan, di transformasikan pd generasi muda

* tujuan : melatih pola piker dan tindakan siswa pd komitmen bangsa

8. memadukan

* memadukan pengetahuan dan pengalaman riil siswa

* KBM = proses penyatuan pengetahuan dg pengalaman langsung melalui metode partisipasi, simulasi, sosio drama, studi proyek/ lapangan

* dlm KBM dikemukakan contoh perilaku, membantu siswa menirukan

* nilai dlm keluarga: kasih sayang, saling menghormati, kebersihan / keindahan, kepatuhan.

* Nilai lingkungan siswa : saling menyayangi, tolong- menolong, adil, disiplin, mematuhi aturan, jujur, sportif

* guru : perilakunya mjd acuan siswa, digugu dan ditiru, lebih percaya dr pd org tua.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

contohnya bagaimana pak ?

LSO JURNALISTIK dan PENERBITAN 2019/2020 mengatakan...

referensinya mana ya pak ?

Posting Komentar